Rabu, 18 Juni 2008

PENGURANGAN KAPASITAS MAHASISWA BIMBINGAN SKRIPSI AKUNTANSI MENDEKATI ANGKA IDEAL

Setelah 3,5 tahun Jurusan Akuntansi mengambil kebijakan menambah kapasitas mahasiswa bimbingan skripsi dari 10 ke 12-13 orang per semester (hal ini atas rekomendasi rapat dosen pembimbing skripsi Jurusan Akuntansi) maka mulai semester ini jumlah tersebut dikurangi menjadi 8 orang per semester dan tidak berpola turnover. Kebijakan ini diambil mengingat : 1) dlm rapat dosen pembimbing skripsi, diputuskan Jurusan diminta membuat kebijakan untuk memenuhi animo mahasiswa akuntansi dlm menulis skripsi dan dievaluasi oleh Jurusan tiap tahun. 2) Jumlah mahasiswa akuntansi berkurang tidak seperti 3,5 tahun lalu. 3) ada kecenderungan dosen-dosen mempercepat turnover mahasiswa bimbingan untuk mengejar jumlah mahasiswa tetap di angka maksimal yaitu 12 orang, sehingga ada beberapa dosen yang membimbing sampai 16 orang dalam satu semester. 4) Mematuhi aturan Dikti yang maksimum bimbingan adalah 3 orang mahasiswa per semester. 5) aspek kualitas bimbingan dengan jumlah sebesar angka tsb. 6) ada kewajiban dosen untuk meneliti 1 buah per tahun, apa bisa meneliti karena waktunya tersita untuk membimbing skripsi mahasiswa.
Kebijakan ini akan dievaluasi lagi bulan Agustus 2008 dan diharapkan mulai tahun ajaran 2008/2009 jumlah mahasiswa bimbingan menjadi 5 orang mahasiswa per semester mendekati jumlah yang ditetapkan oleh Dikti.
Semoga kebijakan ini menghasilkan kualitas skripsi mahasiswa akuntansi yang baik sesuai dengan akreditasi A dari BAN Perguruan Tinggi.

4 komentar:

Djoni T mengatakan...

Ideal nya memang begitu.. saya sendiri tidak lebih dari lima org per semester, bahkan hanya tiga. Dengan harapan dapat membimbing dengan baik dan benar (Walaupun imbalan untuk itu perlu diperhatikan lebih lanjut..) he he.

Hamsar Lubis mengatakan...

Pak Haris, siapa ya ... dosen jurusan akuntansi yang membimbing sampai 16 skripsi per semesternya. Luar biasa. Yang hebat dosennya atau yang menugaskannya ya... Heee..e.e.e. Pasti dosen itu juga jago penelitian. Nanti dari penelitian akan meinta ybs untuk menjadi pembimbing penilitian dosen-dosen akuntansi.

Hamsar Lubis mengatakan...

Pak Haris, siapa ya ... dosen jurusan akuntansi yang membimbing sampai 16 skripsi per semesternya. Luar biasa. Yang hebat dosennya atau yang menugaskannya ya... Heee..e.e.e. Pasti dosen itu juga jago penelitian. Nanti dari penelitian akan meminta ybs untuk menjadi pembimbing penilitian khusus untuk dosen-dosen akuntansi.

Djoni T mengatakan...

Saya setuju dg pa Hamsar, dosen yang jagoan membimbing skrisi asti jago penelitian, harus nya pa hamsar minta bantuan ybs untuk membimbing dosen mlakukan penelitian.. kalau perlu jadi pembimbing penellitian honornya 2X skripsi. he he . Kapan dimulai nya pa Hamsar... saya mau dibimbing ybs agar lebih pinter meneliti