Selasa, 22 April 2008

Link and Match di Hasselt University, Belgium

Di School of Information Technology Hasselt University, Belgium, terdapat 3 international program: Master in Applied Statistics, Biostatistics dan yang baru dibuka Bioinformatics. Untuk thesis terbagi menjadi 2 bagian, group project dan individual project. Group project diberikan oleh dosen langsung. Sedangkan untuk individual project kita boleh menentukan sendiri atau kita memilih dari beberapa topic yang tersedia. Bagi student yang memilih opsi kedua, pada pertengahan tahun akademik diadakan acara seperti fair/pameran mengenai topik topik yang tersedia.

Topik-topik tersebut banyak yang berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Johnson & Johnson, Bristol Mayers, dari lembaga international seperti WHO, lembaga-lembaga riset, universitas atau dari individu. Student datang ke setiap stand dimana para professor atau perwakilan dari perusahaan, organisasi riset memberi penjelasan tentang project yg ditawarkan. Student pun dapat memilih sesuai dengan spesialisasi dan keinginan mereka. Project-project tersebut merupakan project “betulan” sehingga student terjun langsung menghadapai data riil dan belajar berinteraksi dengan supervisor atau rekan riset yang berasal dari background selain statistics. Sehingga kita diharapkan untuk bisa menjelaskan hasil analisa statistik yang disesuaikan dengan project yang sedang dilakukan.

Hasil proses ini selain student juga mendapatkan pengalaman dalam menganalisa data riil serta dapat memberi argument yang kuat tentang analisisnya, tak sedikit student yang langsung direkut sebagai pekerja atau PhD student oleh perusahaan atau lembaga riset tempat dimana mereka melakukan projectnya.
Ini sebuah proses link and match yang mungkin bisa ditiru oleh universitas- universitas di Indonesia.
Untuk STEI, mungkin bisa dijalin kerjasama dengan para alumni STEI yang telah sukses, sehingga bisa memberikan kesempatan buat adik2 kelasnya untuk berpartisipasi di perusahaannya, atau mungkin para dosen STEI yang juga punya relasi bagus dengan pihak luar bisa melibatkan mahasiswanya dalam sebuah project atau riset. Ada usulan lainnya?

Tidak ada komentar: