Selasa, 22 April 2008

BEDAH BUKU III

Pagi kemarin Jam 10, acara bedah buku tentang peta fikiran (mind map) yang dibawakan oleh ibu Lis Zulfiati. Materi tersebut mengajari kita menuangkan buah fikiran dalam bentuk gambar atau grafik. Gambar tersebut bercabang-cabang yang mewakili imajinasi terhadap suatu permasalahan. Imajinasi kita dapat dikembangkan dengan luas, tanpa batas, sporadis dan bahkan melocat-loncat tentang sesuatu masalah. Orang-orang yang kreatif dalam berfikir, imajinasinya mungkin berkembang tanpa terbendung dan tidak cukup kata-kata untuk melukiskannya. Mind map bentuknya bisa berkembang menyerupai gurita raksasa, tergantung imajinasi pembuatnya. Luar biasa. Bagi saya sangat menarik. Tampaknya sangat membantu kita untuk membuat tulisan (essay). Setiap cabang iamjinasi, bisa memunculkan satu artikel. Kalau banyak cabang, berarti banyak artikel. Artikel-artikel tersebut, bisa jadi berkembang menjadi bab-bab dalam buku. Lima belas cabang sudut pandang dari satu masalah sudah bisa menjadi satu buku (15 bab). Kayaknya menulis buku menjadi lebih mudah dengan konsep maind map. Pantasan aja, penulis buku tersebut Tony Buzan sudah menulis lebih dari 100 buah buku.Tapi heran yaa …., topik yang se-manarik itu, hanya menarik minat bagi 17 orang dosen STEI. Terima kasih bu Lis. Dalam waktu singkat peserta sudah menyerap isi sebuah buku. Daripada baca sendiri, beli sendiri dan capek sendiri, mendingan datang ke acara bedah buku (2 kali sebulan).
Giliran berikutnya, bapak Harris Hidayat. Tunggu saja undangan panitia.

5 komentar:

mieke mengatakan...

wah sayang saya gak bisa ikutan :), membaca ulasan di tulisan bapak, membuat saya penasaran utk membacanya.

gatotprabantoro mengatakan...

ya! bisa disebutkan judul buku dan pengarangnya? saya juga penasaran! tulisan pak Hamsar ini kalo saya perhatikan koq mirip IKLAN ya! iklan Bedah Buku nya Bagian Penelitian! he he ... SUKSES SELALU! N Trims Informasinya!

Djoni T mengatakan...

Acara dan topik yang dibedah memang bagus-bagus (sejak permulaan nya), tapi terus terang aja kadang2 kalau akuntan itu oportunity costnya terlalu besar jadi susah untuk ikutan nya... Selamat aja utk pa Hamsar satu ketika saya juga akan hadir.

Hamsar Lubis mengatakan...

Judul Buku yang dibedah kemarin adalah BUKU PINTA: MIND MAP (sudah terjemahan Gramedia). Karangan Tony Buzan. Bu Mieke, cari aja di internet, pasti banyak informasinya. Bu Lis juga mendapatkan bahan presentasi tambahannya dari internet.

mieke mengatakan...

Terimakasi pah Hamzar, langsung meluncur ke mbah google dan nemu:
penjelasan Tony Buzan ( Tony Buzan Talks About Mind Mapping) di
http://www.buzan.com.au/

Dan kalau ingin lihat berbagai karya bukunya, bs lihat di sini:
http://www.buzanworld.com/