Minggu, 13 April 2008

Laptop Murah dan Mungil Buat Dosen

Buat teman-teman dosen yang rajin berpresentasi menggunakan computer dan lcd projector, ini ada info menarik terkait dengan produk pendukung presentasi kita tersebut. Awal tahun ini [sekitar januari] Asus telah me-launching laptop murah dan mini yang diberi nama EEE PC 4G Asus, berspesifikasi standart [sekedar untuk Microsoft Office dan mutar lagu dan film okelah!] dan Zyrex pada pertengahan maret lalu melaunching UBUD 311 Zyrex untuk menyaingi EEE PC 4G tersebut. Sayangnya kedua laptop tersebut tidak menyediakan CD-ROM player untuk keperluan backup dan sekedar memutar lagu.

EEE PC 4G memiliki spesifikasi : Celeron-M ULV 353, 512MB DDR2, 4GB HDD, NIC, WiFi, Camera, VGA Intel GMA900 64MB (shared), 7" WVGA, Non OS, Harga : Rp. 4.770.000,- , sedangkan UBUD 311 Zyrex memiliki spesifikasi : VIA C7-M, 1GB DDR2, 30GB HDD, NIC, WiFi, VGA VX700, Camera, 7" WVGA, Win Vista Starter, Harga : Rp. 4.995.000,-. Kelebihan keduanya adalah bentuknya yang mungil, ringan, dan cukup murah untuk ukuran laptop seperti itu [biasanya laptop ukuran 10”-12” berharga sekitar 10 juta keatas].

Namun dari spesifikasinya UBUD 311 Zyrex lebih unggul di hardisknya yang permanent dan besar, juga ramnya lebih besar. Tapi dari segi model lebih manis EEE PC Asus (tapi tergantung selera). Untuk OSnya keduanya support Windows XP. Sebetulnya Asus mengeluarkan EEE PC ditargetkan untuk pelajar menyaingi program One Laptop Per Child dari Intel dan Nicholas Negroponte. Namun diluar dugaan ternyata banyak pula kalangan eksekutif melirik karena murah dan sangat mudah dibawa kemana2 sehingga cocok untuk kepentingan dokumentasi administrative standart dan presentasi dengan powerpoint.
Jika para dosen berminat produk sudah bias dibeli ditoko2 komputer, untuk EEE PC 4G Asus produknya sudah ready stock, namun untuk UBUD 311 Zyrex kayaknya masih harus indent dulu.

Tidak ada komentar: