Rabu, 09 April 2008

LaTeX

Sekedar ingin berbagi informasi lagi, saat ini saya sedang belajar menggunakan software LaTeX untuk menulis berbagai report-report di perkuliahan saya. Saya pribadi belum terlalu mahir dan masih taraf belajar menggunakannya. Mungkin sebagian teman-teman di STEI sudah menggunakannya dalam menulis modul, buku atau tulisan di jurnal ilmiah.
LaTex adalah salah satu software pengolah kata (wordprocessor) yang bisa didapatkan secara gratis di Internet. Untuk bisa menggunakan LaTex, 2 komponen ini harus terinstall:
1. Compiler. Download dan install Win32 TeX system yaitu MiKTeX (untuk Windows), atau TeX Live (untuk Linux).
2. Editor. Berikut beberapa editor Tex yang bisa digunakan untuk Windows ( TeXnicCenter, LyX, Texmaker, Xemacs, Winedt (shareware)). TeXnicenter biasanya digunakan oleh banyak orang. Sedangkan untuk Linux (Kile, LyX, Texmaker, Xemacs dan Vim).
Keuntungan menggunakan LaTeX diantaranya adalah menghemat waktu dan energi, terutama ketika bekerja dengan file berukuran besar dan persamaan-persamaan matematika. Sekarang ini penggunaan LaTeX tidak hanya di bidang sains, namun sudah berkembang juga di bidang lainnya seperti bisnis, sekretaris, dan media cetak.
Cara kerja LaTeX sangat berbeda dengan "Office Word Processor". LaTeX membolehkan kita focus kepada isi (content) dari dokumen tanpa banyak membuang waktu dalam typesetting dan tampilan halamannya (page layout). Input di dalam LaTeX adalah teks biasa dengan perintah-perintah (commands) yang menunjukkan struktur dari dokumen dan dibutuhkan simbol-simbol khusus. Untuk pertama kalinya kita akan berpikir bahwa LaTeX itu aneh dan terlalu sulit (bahasa Jawanya "njelimet" he he he). Tapi dengan banyak berlatih, maka LaTex jadi jauh lebih mudah dan menghemat waktu.
Untuk informasi lebih lengkap silangkan buka link di bawah ini:


Atau anda bisa mencari informasi lebih lainnya melalui http://www.google.be/

" Selamat mencoba..............."

Tidak ada komentar: