Minggu, 24 Februari 2008

Highly Recommended Books!!

Ini ada buku bagus buat teman-teman dosen yang belum baca!!! Sebetulnya saya sudah sejak lama tau keberadaan buku ini, tapi ga mau baca, ga mau dibilang ikut2an arus, baru setelah Pak Hamsar dan teman2 di Bagian Penelitian (Pak Ali, Pak Arwin) merekomendasikan untuk membaca baru saya baca (saking bagusnya buku ini, pak arwin baca dua buku sekaligus dalam satu malam!!! hebat! itu dibaca beneran ga ya?)


















Kedua buku ini penulisnya Andrea Hirata yang blognya ada di www.sastrabelitong.multiply.com. Sebetulnya ini merupakan tetralogi laskar pelangi yang terdiri dari buku 1 : Laskar Pelangi, buku 2 : Sang Pemimpi, buku 3 : Edensor, dan buku 4 : Maryamah Karpov. Saya sudah baca buku 1 dan buku 2. Menurut saya benar2 inspiratif dan membangun jiwa! sangat indonesia! saya jadi ingat masa lalu dengan teman2 disekolah dulu! hebatnya Andrea Hirata mampu menceritakan semua pengalaman masa kecilnya dengan gaya bahasa yang detil mengalir sehingga membuat kita seolah2 menjadi bagian dari cerita itu. Yang paling penting menurut saya dari kedua buku yang saya sudah baca itu adalah nilai2 semangat untuk berjuang meraih mimpi! itu yang harus kita ambil! jangankan semangatnya! hampir semua dari kita bahkan gak punya mimpi atau gak berani bermimpi apa lagi semangat untuk mengejar mimpi!

Seperti Pak Hamsar dan kawan2, saya ga mau seneng sendirian, buat teman2 yang belum baca saya anjurkan supaya baca buku2 ini, caranya ya beli sendiri dong! saya ga mau buku saya dipinjam, mau saya koleksi, takut hilang!! ha ha ha

ini beberapa komentar untuk buku2 laskar pelangi :

Ahmad Syafi'i Maarif, mantan Ketua PP. Muhammadiyah
"Saya larut dalam empati yang dalam sekali. Sekiranya novel ini difilmkan, akan dapat membangkitkan ruh bangsa yang sedang mati suri"

Harian Pikiran Rakyat
"Sebuah kisah tentang anak-anak yang luar biasa, yang mampu melahirkan semangat serta kreativitas yang mencengangkan"

Herni Kusyari, guru SD di daerah terpencil
"Buku Laskar Pelangi memberiku semangat baru yang tak ternilai untuk mengajar murid-murid meskipun kami selalu dirundung kesusahan demi kesusahan, meskipun dunia tak peduli. Buku ini membuatku bangga menjadi seorang guru"

Andy F. Noya
"Membaca Laskar Pelangi membuat kita merasa berdosa tidak memiliki optimisme dan semangat seperti anggota Laskar Pelangi"

Masih banyak lagi, tapi pokoknya baca deh kalo belum mbaca! Wassalam

Tidak ada komentar: