Senin, 22 Desember 2008

Baca, baca, baca...

Bunda baca buku yang ini dooong....terus yang itu juga... itulah celoteh yasmine kalo saya lagi ada dirumah.... minta dibacakan buku-buku miliknya... lalu kita asyik deh berdua baca cerita-cerita yang ada di buku itu... satu buku bisa di ulang2 beberapa kali... sampe yasmine nya inget banget jalan cerita di buku itu... memang sejak kecil (malah waktu yasmine masih dalam kandungan) saya dan ayahnya selalu menyempatkan membacakan buku untuknya.... saya ingat waktu yasmine baru dua bulan...waktu dia belum bisa membolak balikan badannya...sambil tiduran disampingnya saya buka buku cerita di hadapannya dan bercerita... mata dan tangannya bergerak2 dengan lincah menggapai-gapai... ya pastinya dia belum ngerti... tapi ya memang untuk membiasakannya... sampai sekarang kami selalu berusaha untuk memberikannya buku-buku bacaan (ga mesti yang mahal lohh...) menurut saya semua buku itu bagus kecuali buku yang jelek...

Saya ingat waktu kecil (sd kelas 1) ayah saya selalu bawa in buku-buku cerita terbitan balai pustaka (zaman itu buku2 terbitan balai pustaka rasanya udah baguuuuus banget), kebetulan ayah saya pns di depdikbud (sekarang depdiknas yaaa)... hampir 200 judul buku...kebanyakan buku cerita, ada ensiklopedi sederhana, dan macam-macam lagi...semua buku saya baca habis...tapi ya udah lupa buku apa aja...kebanyakan isi cerita nya tentang pelajaran moral...ada buku judulnya uluran tangan bersarung emas tentang persahabatan, terus ada cerita tentang perjuangan keluarga transmigran, cerita tentang petualangan... saya masih ingat di rak buku yang sederhana di rumah....berderet deret buku buku itu...

Sampai sekarang membaca masih mengasyikan bagi saya... tapi memang ga selamanya membaca itu mengasyikan... menurut saya ada beberapa kategori membaca:
1. Reading for knowledge
Membaca dalam kategori ini biasanya kita lakukan untuk menambah pengetahuan akademik... dan buat kebanyakan orang ini ga ada asyik-asyik nya malah mungkin sedikit terpaksa... bayangkan misalnya dalam kuliah master.. untuk satu tatap muka kita dibebankan untuk membaca, meringkas, memahami paling sedikit tiga jurnal penelitian, satu bab dan satu artikel bebas... semuanya harus siap begitu akan masuk kelas... nah kalo kayak gitu ada asyiknya ga? Menurut saya sih ada.... adalah suatu tantangan untuk bisa membaca dan tidak sekedar membaca tapi sampai tahap memahami... wah kalo itu bisa kan rasanya nyaman sekali waktu di kelas karena kita sudah ada bekal... idealnya dalam mengikuti perkuliahan apa pun itulah yang seharusnya kita lakukan... (Wah tapi saya jarang sekali mendapatinya di mahasiswa-mahasiswa saya...)
Membaca jenis ini banyak sumber...bisa buku-buku text book, buku-buku tentang teknologi, ensiklopedi...dll

2.Reading for your soul
Bahan bacaan nya biasanya buku-buku ruhiyah...buku-buku motivasi...yang selalu menyentuh hati... buku-buku jenis ini ada yang easy reading tapi banyak juga yang satu paragrafnya harus dibaca berulang-ulang kali baru kita pahami maksudnya... membaca buku ini kadang saya ga konsisten baca per bab tapi lihat daftar isi nya terus baca bab yang mau dibaca... buku-buku ini menjadi oase di tengah hingar bingar dunia... menjadi penjernih pikiran di kala mumet mikirin mahasiswa ga mau belajar, misalnya :)... yang terpenting membaca buku ini ya follow up nya...

3. Reading for fun
BACA NOVEL = fun... yups... jalan cerita, tokoh-tokoh dalam novel, imajinasi... totally fun!! Kalo udah baca novel rasanya sayang untuk meninggalkan lembar demi lembar halaman.... penasaran mau tahu akhir cerita... novel terakhir yang baru selesai saya baca Eclipse - Stephanie Meyer... novel ini buku ketiga dari tetralogi (Twilight - udah dibikin film, New Moon, Breaking Dawn) ceritanya sih "aneh" kalo menurut saya...kisah seorang gadis yang jatuh cinta ma vampire ganteng.... aduh biar ganteng tapi kan udah mati yaaaaa... ya tapi apa pun anehnya... namanya juga just for fun yang dicari pasti sisi menyenangkannya...misalnya waaaah klo punya suami ganteng, kaya, protektif kayak si vampire itu..asyik kali yaaa..he..he..

Nah..silakan dipilih aja kategori yang ada...or mau nambah kategori juga boleh... saya ga bikin prioritas dari kategori tadi... mungkin apa yang kita baca bisa masuk dalam tiga kategori sekaligus... misalnya novel ayat-ayat cinta.... membacanya kita jadi tahu budaya mesir (for knowledge), dari sana kita merasakan keagungan cinta yang didasarkan pada kecintaan pada illahi (beda lho sama filmnya), that's for our soul, n for fun kita bisa pilih mau mengandaikan sebagai Fahri, Maria..or...else...

Ada satu kategori yang tidak masuk kategori, yaitu reading for nothing...kategori yang ini kasian yang baca...karena dia ga dapat apa-apa dari bacaannya... kegiatan membaca harusnya "meninggalkan bekas yang baik"... kalo ternyata ga ada "bekas" nya wah...cuma dapet cape doang...kasiaaaaaaan.... apa pun bacaannya apa pun tujuannya...dari bacaan pasti akan menambah sesuatu dalam pikiran kita... jadi kalo udah baca tapi ternyata ga dapet apa-apa... kan kasian...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hayo.. inget2 - pernah baca buku "Kisah lebai malang" ga (terbitan tahun 59-62 - klasik ) ceritanya mengandung lucu tapi petuah nya sangat universal dan tidak pernah lapuk. Hikmat yang bisa diambil dari kisah itu ialah "Kalau jadi orang jangan plin-plan karena akhirnya tidak mendapatkan hasil.
yah ini cuma ikut berbagi kisah aja- pengalaman baca masa kecil yang berbekas sampai sekarang ( udah tw)
ditulis anonim - tapi pasti bisa nebak kan ??