Jumat, 10 Oktober 2008

Jalur Skripsi Program Studi S1 Akuntansi

Untuk tahun akademik 2008/2009 kepada seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Prodi S1 Akuntansi dipersilakan untuk mulai menyusun proposal karya tulis akhir (Karya Tulis Akhir selanjutnya akan disebut SKRIPSI). Sesuai dengan peraturan akademik yang ada, penulisan skripsi dapat dilakukan jika mahasiswa sudah menyelesaikan 130 SKS termasuk telah lulus mata kuliah Metode Penelitian dan Statistika 2 dan IPK > 2,75.

Daftar pembimbing skripsi untuk tahun akademik 2008/2009 telah mulai disosialisasikan. Silakan melihat pengumuman di lantai 3 atau menghubungi staf jurusan akuntansi. Perlu diperhatikan bahwa agar proses penulisan skripsi dapat dipantau dengan baik oleh jurusan akuntansi maka setiap pembimbing dibatasi untuk membimbing maksimal 5 mahasiswa per semester (satu masa bimbingan max 6 bulan).

Jurusan akuntansi juga tengah merancang prosedur baru untuk pengajuan proposal skripsi. Hal baru dalam prosedur tersebut yaitu sebelum proposal diajukan ke dosen pembimbing yang diinginkan, maka proposal tersebut harus diserahkan ke Jurusan Akuntansi untuk selanjutkan akan diserahkan ke Tim Evaluasi Proposal untuk menentukan apakah masalah penelitian dalam proposal tersebut layak untuk dilanjutkan atau tidak. Tim ini perlu dibentuk dengan tujuan agar masalah penelitian yang diajukan mahasiswa dapat lebih beragam dan lebih sesuai dengan bidang akuntansi. Mekanisme ini dalam waktu dekat akan disosialisasikan kepada dosen pembimbing dan penguji skripsi (tulisan ini dapat dianggap sebagai sosialisasi awal).

Proposal yang telah memperoleh persetujuan dari Jurusan Akuntansi, selanjutnya dapat dibawa oleh mahasiswa ke dosen pembimbing yang diinginkan (lihat daftar dosen pembimbing dan penguji tahun akademik 2008/2009). Prosedur selengkapnya dapat dilihat di Jurusan Akuntansi.

Tidak ada komentar: