Selasa, 27 Mei 2008

Seri Menulis (2)

IDE UNTUK MENULIS
Kadangkala, orang sulit menemukan ide untuk menulis. Semua rasanya sudah ditulis orang. Fikiran jadi buntu. Uraian ini adalah pendapat pribadi berdasarkan pengalaman. Mohon maaf, jika sedikit narsis. Tapi dijamin orisinal.
Untuk menemukan ide tulisan, (khusus non fiksi) ada baiknya fikiran kita di-set untuk menolak pendapat orang, berseberangan dengan opini umum, melawan arus, atau anti mainstream. Dari perbedaan pola fakir akan muncul ide baru. Jangan percaya pada opini, biarkan data dan fakta yang berbicara. Opini tidak selalu benar. Seringkali opini menyimpan misi. Usahakan berfikir berbeda dengan pendapat orang lain. Karena perbedaan pendapatlah, ilmu pengetahuan berkembang. Jika fikiran kita hanya mengikuti fikiran orang lain, buat apa berfikir. Ide bisa juga membuat penjelasan lain terhadap sebuah fenomena. Untuk itu, kita haru memiliki data yang bagus dan relevan serta struktur logika yang tajam. Tapi logika saja tidak cukup, harus didukung dengan bukti-bukti otentik. Jika sifatnya kritik, sifatnya harus membangun dan menawarkan solusi. Ide juga bisa muncul dengan mengamati berbagai fenomena.
Soal data, banyak sumber yang dapat dirujuk dari internet. Data harus dikeluarkan oleh lembaga resmi dan up to date. Data tidak perlu banyak-banyak, tapi tafsirkan dengan jitu. Data dan fakta yang berserakan di berbagai sumber, dikumpulkan, dirajut dan dianalisis dengan menggunakan logika ataupun teori-teori yang sudah dipelajari. Kita akan dapat menyorot sisi lain dari sebuah opini umum yang berkembang. Susun menjadi suatu alur fikiran yang menarik, utuh dengan pembahasan yang mendalam. Karena menyajikan sesuatu yang berbeda, tulisan menjadi menarik.
Jika tulisan mengikuti pola fikir umum yang sudah berkembang, untuk apa ditulis lagi. Tulisan seperti ini akan memenuhi tong sampah di kantor redaksi.

Tidak ada komentar: